Selasa, 20 November 2012

Definisi E-Business & E-Commerce Menurut Ahli

EBC merupakan suatu singkatan yang terdiri dari 2 istilah yang disatukan yaitu e-Business dan e-Commerce.  Istilah ini mungkin awam buat kalian yang baru pertama kali kenal akan hal seperti ini, untuk itu saya akan menjelaskan kedua istilah tersebut sebagai berikut :

E-Business

Arti dari e-Business atau Electronic Business yang saya dapat dari wikipedia didefinisikan  sebagai proses bisnis yang bergantung pada sebuah sistem yang sudah terotomasi. Pada era globalisasi sekarang ini, hal seperti ini sangat dipakai untuk memasarkan produk mereka melalui jasa internet.  Lou Gerstner, CEO dari IBM adalah orang yang pertama kali mengemukakan sistem terminologi ini.

Dapat kita simpulkan bahwa e-Business adalah bisnis yang dilakukan dengan menggunakan jasa internet untuk terhubung dengan customers, partners dan suppliers sehingga komunikasi dari 3 bagian tersebut tidak terbatas oleh jarak dan waktu. Berikut ini adalah beberapa pengertian e-Business menurut beberapa ahli :
  • E-business adalah praktek pelaksanaan dan pengelolaan proses bisnis utama seperti perancangan produk, pengelolaan pasokan bahan baku, manufaktur, penjualan, pemenuhan pesanan, dan penyediaan servis melalui penggunaan teknologi komunikasi, komputer, dan data yang telah terkomputerisasi. (Steven Alter. Information System: Foundation of E-Business. Prentice Hall. 2002)
  • Definisi e-business menurut IBM adalah sebuah pendekatan yang aman, fleksibel, dan terintegrasi untuk memberikan nilai bisnis yang berbeda dengan mengkombinasikan sistem dan proses yang menjalankan operasi bisnis utama dengan pemanfaatan teknologi internet. (Christoper Stoole. 2000).
  • E-business meliputi semua hal yang harus dilakukan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi (ICT) untuk melakukan kegiatan bisnis antar organisasi maupun dari organisasi ke konsumen. (Sid L. Huff, dkk. 2000. Cases in Electronic Commerce. McGraw-Hill)
  • E-business adalah mengenai penggunaan teknologi internet untuk melakukan transformasi proses bisnis yang dilakukan. Bentuk e-business yang paling mudah terlihat adalah pembelian barang secara online baik retail maupun grosir. (Samantha Shurety.1999. E-business with Net.Commerce. Prentice Hall)
e-Business itu sendiri banyak terkait dengan berbagai macam service atau pelayanan yang ada, diantaranya:
  1. electronic purchasing – pembelian produk yang dapat dilakukan secara elektronik
  2. electronic order – proses pemesanan suatu produk yang dapat dilakukan via online
  3. customer service online – penanganan masalah dan layanan pelanggan kepada vendor
  4. affiliate partner links – link mitra bisnis yang dapat di akses melalui web page vendor
Kegunaan E-Business :
  • Mitra bisnis dan supplier vendor dapat berhubungan langsung
  • Memenuhi permintaan dan melayani kepuasan pelanggan dengan lebih baik, efektif dan efisien
E-Commerce
Menurut definisi yang saya dapat di wikipedia adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www atau sarana jaringan komputer lainnya. Dimana juga bisa merupakan suatu bisnis dalam bidang jual-beli barang maupun jasa yang dilakukan secara online. Dengan adanya sistem bisnis seperti ini, customer dan seller tidak harus tatap muka dalam melakukan transaksi suatu barang/jasa, cukup by online sebuah transaksi dapat dilakukan. Dengan ini luas pasar seller jadi lebih luas dan waktu pun tidak terbatas dibandingkan hanya membuka toko di suatu mall di daerah tertentu.
Beberapa hal yang terdapat dalam e-Commerce antara lain :
  • Electronic Fund Transfer – Transfer dana secara elektronik
  • Electronic data transaction – Pertukaran data secara elektronik
  • Automatic Management System – Sistem manajemen inventori yang  otomatis
  • Automatic Data Collection System – Sistem pengumpulan data  secara otomatis
sumber :
http://dirza.wordpress.com/2010/10/31/ebc-e-business-and-e-commerce/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar